Si Bohay Suka Mogok di Jalan ??? Ini Tipsnya !!

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280

Pada kendaraan yang sudah berumur,contohnya saja Vespa memang sering mendapati keluhan mesin kendaraanya susah hidup,ada juga sebagian pengendara Vespa mengalaminya saat berkendara dan tiba tiba mesin mati tanpa ada sebab yang jelas.

Dan akhirnyapun rencana kita gagal untuk touring ataupun hanya sekedar berjalan jalan saja,namun pasti kejadian ini akan sangat menjengkelkan sakali..
Sobat Skuter yang budiman,pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips jika Vespa kesayangan anda susah hidup,berikut adalah caranya :

1. Karburator sering kotor atau spuyer tersendat
    Ini dampaknya langsung dengan vespa saat bergerak sehingga laju tersendat- sendat           atau malah sulit untuk dihidupkan, kadang pula busi sering mati terlihat dari ujung busi         isolatornya berwarna hitam kelam yang mengakibatkan hilangnya percikan api pada busi.     

2. Bersihkan tangki bahan bakar dari kotoran dan karat yang menempel

3. Periksa selang bensin dari kerak bahan bakar

4. Bukalah karburator lalu bersihkan dengan menggunakan kompresor angin periksa                 kembali lubang- lubang spuyer jangan sampai ada kotoran yang tertinggal, diperlukan           ketelitian saat membersikannya

5. Periksa ukuran lubang spuyer sudah pas atau belum, jangan sampai kebesaran atau           kekecilan. Bila kebesaran bensin akan boros dan juga busi sering mati. Ukuran lubang         spuyer berpatokan pada ukuran standar pabrik. Setingan jarum ideal harus pas menurut       pengalaman beberapa orang caranya dengan menyetel stasioner karbu pada stelan             tertinggi, lalu putar jarum ideal menggunakan obeng kekanan stelah berhenti putaran           jarum kendorkan kembali ke kiri perlahan-lahan sampai terdengar suara mesin di putaran     ter tinggi atau standarnya 2-2,5 putaran obeng

 6.Pengpian juga akan berdampak langsung pada laju motor atau motor tidak bisa hidup,         biasanya kendala pengapian berada pada stelan platina yang tidak benar. Bisa juga             salah satu perangkat pengapian sperti Busi, Koil, Platina, Kondensor, Spul pengapian           ada yang sudah tidak layak pakai atau mati dan tidak berfungsi. Cara mengatasi hal             tersebut

7. Periksa warna ujung busi, bila berwarna hitam kelang busi tidak akan memercikan api,         solusinya stel ulang ukuran spuyer pilot jet dan main jet bila warna ujung busi merah              bata maka pariksa ke bagian pengapian yang lain.

8. Koil yang layak pakai apabila kita konsletkan ke massa, kira kira 8 mm masih terjadi             loncatan api berwarna biru. Bila tidak berwarna biru di sini percikan atau loncatan api           berwarna merah ini berarti stelan platina tidak benar atau koilnya yang memang sudah         lemah, loncatan api dari koil dipengaruhi langsung oleh stelan platina.

9. Penyetelan platina yang benar adalah berjarak kerenggangan antara konektor minus dan     konektor plus nya kira-kira 0,5mm. Dengan menggunakan obeng min, perlu diingat               penyetelannya jangan diketok (kecuali mendadak), karena antara konektor tidak lurus           atau bengkok yang mngakibatkan umur platina tersebut menjadi kurang tahan lama.             Loncatan yang terjadi pada platina juga berkaitan dengan kondisi kondensator                       (kondensor)

10. Pemeriksaan kondensator amatlah mudah, apa bila terjadi lancatan api di platina ini di         karenakan kondensator kamu sudah tidak layak pakai. Ganti kondensor anda atau               dengan cara mencangkok kondensor yang lama dengan kondensor baru. Dengan kata         lain sistem kondensatornya di-double dengan ukuran kapasitas kondensor yang sama 2       farad.
11.Cek spul pengapian anda masih layak pakai atau harus diganti dengan yang baru. Tanda       spul pengapian rusak biasanya kumparan spul lecet, gulungan spul kendor, atau spul           putus.

NB ; Jika sobat Skuter sudah memeriksa dan sehat wal afiat langkah yang terakhir adalah periksa nap puur atau ketepatan pengapian, tapi sebelumnya lihat dulu kondisi spi magnet patah atau tidak, juga lihat kondisi rotor masih bagus atau sudah tidak rata. Ukuran nap puur adalah 21 drajat sebelum titik mati poros atau kondisi pala seher diatas..

Sekian dulu semoga tips di atas berguna bagi sobaat Skuter sekalian....Salam Mesin Kanan !!

BACA JUGA : 

5 Tips Jitu Memperbaiki Kopling Vespa Terasa Berat saat Di Tarik,,Di Jamin Ampuh...Gak Percaya ??

Ini Dia 7 Cara Merubah Pengapian Skutermu Dalam 30 Menit di Jamin Anti Mberbet


Sumber : caramemperbaikivespa.blogspot.co.id
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Si Bohay Suka Mogok di Jalan ??? Ini Tipsnya !!"

Posting Komentar