8 Cara Ampuh Korek Mesin Vespa Biar Bisa Menang Balapan

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280

Bicara tentang Vespa sepertinya kurang afdol jika Vespa kesayangan kita belum di modifikasi tentunya.Apalagi kalau jeroan yang di upgrade untuk hasil yang lebih optimal.Terlebih kalau bisa mengikuti ajang road race ataupun drag race pastinya akan bisa menjadi kebanggaan tersendiri bagi kita.

Ajang perlombaan balap Vespa di Negeri kita memang sepertinya masih terbilang baru, terhitung dari tahun 2000an masuk ke Indonesia, berbeda dengan negara-negara pengadopsi vespa balap seperti: Italia, Belgia, Jerman atau Inggris yang sudah jauh lebih dulu, tepatnya pada awal tahun '80an. Namun jangan salah masbro, walaupun masih terbilang masih baru, "wabah" vespa balap sudah banyak diadopsi oleh berbagai kalangan modifikator vespa, baik itu amatir maupun profesional.
Ini bisa dibuktikan dari deretan acara vespa balap dragrace ataupun roadrace yang sering diselenggarakan hampir setiap tahun di berbagai Kota di Indonesia, terlebih pasca diberdirikannya wadah vespa balap yang bernama VBI (Vespa Balap Indonesia).   

Tentu mengikuti ajang balap vespa atau hanya sekadar mengorek vespa untuk meningkatkan performa agar lebih kencang dan gahar tidak sembarang, dan pasti ada formula khususnya. Untuk itu pada artikel kali saya akan membagikan pada masbro formula khusus tersebut, silakan simak.    

1. Seher dan Stang Seher
Ganti seher masbro dengan RX King over size 175 s/d 225, dan Stang seher dengan RX Z. Pergantian seher ini berguna mengangkat tenaga motor agar tarikan lebih enteng dan memperbesar ruang bakar dalam dapur pacu.

2. Pengapian
Pengapian vespa mencakup beberapa perangkat, yakni: CDI, Koil, Fulser, Dan Spul jalan. Biarkan perangkat pengapian ini tetap pada versi originalnya, terkecuali pada bagian koil: masbro harus mengganti koil Vespa dengan koil Yamaha YZ, gunanya agar pengapian lebih besar dan berwarna biru cerah, sehingga pembakaran lebih sempurna. 

3. Magnet 
Magnet Vespa acuan balap adalah magnet excel, bubut tersebut hingga bebannya hanya 1,7kg s/d 2kg. Berat original magnet excel 3kg. Alternatif magnet lain adalah Yamaha Mio (Arus pengapian harus berganti menjadi DC) dan Yamaha RX King (Play n Plug). 

4. Karburator   
Di sektor karburator, masbro wajib menggantinya dengan karburator 26 atau 28. Hal ini bertujuan supaya suplai bensin dan pengapian seimbang (tidak mudah panas dan ngejim). 

5. Boring
Boring yang digunakan untuk balap vespa cukup menggunakan boring standar (acuannya vespa excel) perbesar lubang-lubang yang berada dalam boring, sesuaikan dengan diameter seher. Jika seher menggunakan ukuran 225, maka untuk memapas lubang-lubang dalam boring adalah di kisaran angka 2mm s/d 2.5mm.

6. Silinder Head. 
pangkas total permukaan silinder head hingga rata, untuk ukuran pasnya adalah 1,5 sampai 2mm. 

7. Knalpot 
Gunakan knalpot racing, pengaplikasian knalpot racing bertujuan untuk menyeimbangkan dengan spesifikasi mesin yang sudah diupgrade. 
  
8. Per Kopling 
Untuk akselerasi dan penunjang performa motor agar lebih responsif, gunakan per kopling racing seperti dari malossi atau polini.

Sobat Skuter,Sekiranya Informasi Seputar Masalah Korek Mesin Vespa Di Atas Bisa Bermanfaat Untuk Sobat Semua.


BACA JUGA : 




Sumber : vespaindonesia.net
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "8 Cara Ampuh Korek Mesin Vespa Biar Bisa Menang Balapan"

Posting Komentar